::Pages::

September 14, 2011

Tenses: introduction ( tenses: part1)

Karena banyaknya permintaan penjelasan tenses, saya akan menulis serial tulisan tentang topik ini. Pada tulisan pertama ini, saya akan menulis tentang penjelasan globalnya. Supaya kita dapat memahami konsep tenses secara keseluruhan. Semoga tulisan ini bermanfaat buat semua. Pertanyaan dan komentar sangat diharapkan. Silakan menyimak ^_^)

Tenses: Pengertian
Mari kita samakan pengertian tenses terlebih dahulu. Menurut Kamus Cambridge Online (*1), tenses adalah any of the forms of a verb which show the time at which an action happened. Maksudnya adalah bentuk verb (apapun) yang menunjukkan waktu (pada saat) kejadian itu terjadi. Kita tidak dapat membandingkannya dengan struktur Bahasa Indonesia karena Bahasa Indonesia tidak mengenal struktur seperti tenses ini. Perhatikan contoh berikut:
  • Dian menyiram bunga di taman kemarin.
  • Dian menyiram bunga di taman setiap hari.
Perhatikan kata kerja menyiram beserta keterangan waktunya, dua kalimat di atas menggunakan kata kerja yang sama, dengan bentuk yang sama (meyiram) padahal keterangan waktunya berbeda. Jika kalimat di atas kita ubah dalam Inggris maka akan menjadi :
  • Dian watered the flowers in the garden yesterday.
  • Dian waters the flowers in the garden everyday.
Perhatikan kata kerja yang dipakai. Kata kerjanya berbeda “watered’ dan ‘waters’ karena keterangan waktu yang digunakan berbeda (‘yesterday’ dan ‘everyday’). Begitulah tenses dalam Bahasa Inggris, kata kerjanya bergantung pada keterangan waktu yang digunakan.
Sampai disini dulu, berikut akan di paparkan macam-macam tenses beserta cara yang mudah untuk mengingatnya ^_^

Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi ^_^
(*1) http://dictionary.cambridge.org/dictionary/british/tense_1


--------------------------------------------------------------------------------------------------------
If you think this article is useful and help you, please do share this article to your friends, your brothers or sisters. Coz knowledge is to be shared.

Thank you for being here. Bye ^_^
 

No comments:

Post a Comment